Beranda » lokasi-menarik » Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi


Candi Gunung Kawi adalah salah satu lokasi arkeologis terbaik di Bali. Tempat yang indah ini terletak di dekat Sungai Pakerisan di Desa Penangka, Tampaksiring Kabupaten Gianyar, sekitar 1, 5 jam perjalanan dari Seminyak. Candi Gunung Kawi dibangun dalam bentuk yang sangat unik. Biasanya sebuah candi dibangun dengan cara menumpuk batu atau bata menjadi satu bangunan batu besar, namun Candi Gunung Kawi dibangun dengan cara memahat batu setinggi 7 meter pada dinding tebing batu tepi sungai.

Candi Gunung Kawi merupakan sebuah komplek penguburan yang terdiri dari 2 candi berbatu.

Di sisi barat sungai Anda bisa menemukan 4 candi batu karang, kolam renang dengan air mancur dan Vihara. Di sisi timur sungai Anda bisa menemukan 5 candi yang lain.

Di dalam Vihara ada sebuah ruangan kecil dengan jendela dan atap untuk sirkulasi udara dan sinar matahari. Ruangan ini diyakini sebagai ruang meditasi dan ruang pertemuan untuk pendeta dan keluarga kerajaan pada masa lalu.

Untuk menikmati kompleks Candi Gunung Kawi, Anda harus bersiap untuk melakukan pendakian yang cukup panjang - ada lebih dari 270 anak tangga untuk mencapai lokasi. Di sepanjang jalan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah luas.

Jadikanlah situs sejarah ini sebagai sebagai salah satu daftar tugas Anda saat berlibur di Bali. Anda tentu tidak akan menyesal. Lokasinya yang cukup jauh dari Denpasar maupun Gianyar mengharuskan Anda untuk mengendarai kendaraan bermotor. Apabila Anda tidak membawa kendaraan pribadi, terdapat berbagai layanan jasa antar baik dari Denpasar maupun dari Gianyar.

Jam buka: 07.00 - 18.00 setiap hari kecuali Hari Nyepi
Biaya masuk: Rp. 15.000 / orang
Parkir mobil: Rp. 5.000 / mobil